SELAMAT DATANG... SUGENG RAWUH...HALO INDONESIA!
Indonesia Tanah Air Beta, Pusaka Abadi Nan Jaya

Tuesday, July 24, 2007

KOLEKSI PERANGKO (STAMPS COLLECTION)



Saat ini, perangko semakin sedikit diproduksi dan digunakan. Perkembangan teknologi yang luar biasa, seperti sms, mms, dan sebagainya, memaksa perangko untuk melangkah setapak keluar dari era surat kertas, karena sekarang yang lebih berperan adalah surat digital.

Namun bagi penggemar perangko, kondisi itu bukanlah suatu hambatan, namun lebih menjadi tantang bagi mereka untuk memperoleh perangko. Semakin sulit sebuah perangko diperoleh, maka semakin bermutu koleksi perangko yang mereka miliki. Kaum filatelis, sebutan bagi kolektor benda-benda pos, sangat menyukai perangko yang sulit didapatkan, karena nilainya pasti tinggi. Penulis, meskipun sudah bertahun-tahun ini tidak lagi aktif mencari dan mengumpulkan perangko karena kesibukan pekerjaan, namun masih sesekali merapikan koleksi perangko, yang beberapa di antaranya adalah perangko keluaran jaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Perangko merupakan benda koleksi yang luar biasa. Dengan memiliki beragam perangko, kita dapat melihat cakrawala yang terbentang luas di seluruh penjuru dunia, karena biasanya, gambar di perangko melukiskan apa yang terjadi di pelosok dunia. Dengan koleksi perangko, penulis bahkan bisa mempelajari sejarah dunia, dan menambah pengetahuan penulis tentang tokoh-tokoh di dunia, seperti Ratu Inggris, Belanda, dan Presiden USA, selain Presiden RI tentunya.

Perangko segitiga dari Republik Maladewa

Ketika seorang kolektor berhasil mengumpulkan seri perangko yang diminati dan sangat diidam-idamkan, ia akan merasa sangat puas dan bahagia. Seperti penulis ketika pertama kali memperoleh perangko berbentuk segitiga, rasa senang menghinggapi perasaan, sampai-sampai penulis yang kala itu masih SMP (Junior High School), membawa album yang berisi perangko segitiga itu sebagai teman tidur.

Salah satu keuntungan mengoleksi perangko adalah nilai seni dan nilai jual yang tinggi untuk beberapa perangko tertentu. Perangko kuno dan masih terawat dengan baik memiliki nilai jual yang luar biasa, sehingga banyak kolektor yang menganggap koleksinya sebagai barang investasi. Hal tersebut telah dibuktikan dengan lelang perangko yang harganya bisa mencapai ribuan Dollar Amerika.

Pada tulisan berikutnya, penulis akan mencoba menggambarkan perangko seperti apa saja yang memenuhi persyaratan sebagai perangko yang berkualitas dan memiliki nilai yang tinggi. Selamat menunggu tulisan saya berikutnya.

No comments: